Microsoft Office 2013 merupakan program aplikasi pengolah lembar kerja elektronik (spreadsheet) atau pengolah angka yang bekerja di bawah Sistem Operasi Windows.
Cara Menjalankan
Microsoft Excel 2013 pada windows 10
Klik tombol Start Windows, lalu cari Excel 2013 dengan cara
melakukan scroll pada Mouse Anda, sampai ketemu Icon dengan tulisan Excel 2013
dan setelah ketemu klik ikon tersebut. Bisa juga dengan menggunakan mode pencarian
dengan cara mengetikan EXCEL di bagian pencarian yang bertuliskan Type here to search, seperti terlihat
pada tampilan berikut ini, lalu klik ikon Excel 2013.
Bagian-bagian Microsoft Excel 2013
Lembar kerja dari Ms.Excel terdiri dari kolom-kolom dan baris-baris, pertemuan antara baris dan kolom akan membentuk suatu peta yang disebut dengan SEL (CELL).
Alamat sel terdiri dari alamat sel bersifat relatif, sel semi absolute dan sel absolut
- Ciri-ciri sel relative, bentuk sel normal, contohnya : =A1+A2
- Ciri-ciri sel semi absolut adalah salah satu sel baik dikiri atau kanan kolom ada symbol $, contohnya : =A1+$A2 atau =A1+A$2
- Ciri-ciri sel absolut adalah semua sel baik baris atau kolom semuanya terkunci, contoh : =A1+$A$2
Pointer Microsoft Excel 2013
Untuk merubah sel, selalu dipandu oleh sebuah POINTER, Pointer ini dapat dipindah-pindah sekehendak kita dengan menggunakan Mouse atau Keyboard.
Menggerakan pointer dengan menggunakan keyboard :
- Anak panah kiri ß untuk memindah satu sel ke kiri
- Anak panah kanan à untuk memindah satu sel ke kanan
- Anak panah atas, untuk memindah satu sel ke atas
- Anak panah bawah, untuk memindah satu sel ke bawah
- Ctrl + Home, untuk memindah ke awal worksheet
- F5 atau pilih Goto, untuk memindah ke sel tertentu
- PgUp, untuk memindah satu layar ke atas
- PgDn, untuk memindah satu layar ke bawah
Formula Bar Microsoft Excel 2013
Formula Bar ini dapat dipakai untuk :
- Memasukan data atau rumus
- Memperbaiki data atau rumus
- Menampilkan data atau rumus pada sel aktif
- Dari tampilan awal lembar kerja baru pilih Blank workbook, seperti ditunjukan pada gambar di bawah ini
- Letakan POINTER di sel yang akan kita ketik
- Ketik data, data yang akan diketik akan tampil di sel aktif dan formula bar
- Akhiri dengan menekan tombol enter, anak panah atau tekan Mouse, sedang-kan untuk membatalkan data yang sudah kita ketik tekan tombol Esc.
- Apabila anda memasukan DATA TEKS, Ms.Excel akan mengenali data teks tersebut dan secara otomatis akan meratakannya pada SISI KIRI.
- Apabila anda memasukan DATA ANGKA (NUMBER), Ms.Excel akan mengenali data angka tersebut dan secara otomatis akan meratakannya pada SISI KANAN.
- Apabila anda memasukan DATA TANGGAL, Ms.Excel akan mengenali data tanggal tersebut dan secara otomatis akan meratakannya pada SISI KANAN.
- Untuk mempercepat isian kolom "No" di atas, caranya ketik angka 1 di sel A2, lalu arahkan kursor di pojok kanan bawah sel A2 sambil menekan tombol Ctrl pada keyboard sampai muncul tanda +, setelah itu lakukan drag (klik tahan geser mouse) ke arah sel A6.
- Untuk memasukan data tanggal, gunakan slash ('/") atau min ("-") untuk memisahkan penulisan data tanggal, contoh 02/05/2022 atau 02/05/22 atau 02-05-2022.
- Untuk nomor Handphone yang diawali angka Nol, caranya berikan tanda kutip ( ' ) di depan angka Nol. contoh : '085747944775 atau ubah format sel ke format Text terlebih dahulu dari sel D2 sampai D6, lalu ketikan nomor HP yang diawali dari 0.
- Klik kanan pada sheet yang akan diduplikasi, lalu pilih Move or Copy ... (seperti terlihat pada gambar di bawah ini)
- Centang pada kotak opsi Create a copy dan klik (move to end) agar sheet duplikasinya berada sheet berikutnya (seperti terlihat pada gambar di bawah ini)
- Berikut hasil duplikasinya :
Link Latihan : LAT-01Memasukan Data ke Sel
Hasil latihan yang diharapkan bisa di download DI SINI
0 Komentar untuk "Tentang Microsoft Office 2013"