Berbagi Tutorial Jaman Now


FUNGSI VLOOKUP dan HLOOKUP

Untuk membaca tabel pada Microsoft Excel, perintah yang digunakan adalah dengan menggunakan Fungsi Vlookup dan Fungsi Hlookup.

VLOOKUP digunakan jika pembacaan tabel dalam bentuk vertikal

HLOOKUP digunakan jika pembacaan tabel dalam bentuk horisontal.

Contoh Tabel Gaji Vertikal

 

Contoh Tabel Gaji Horisontal

Syarat-syarat menggunakan fungsi Vlookup dan Hlookup adalah harus ada tabel untuk proses pembacaan, dan diantara tabel yang dibaca tersebut harus ada field yang harus sama dengan data sumber.

Bentuk Vlookup :

= VLOOKUP(Nilai kunci, Nama atau letak tabel, Nomor kolom)

Bentuk Hlookup :

=HLOOKUP(Nilai kunci, Nama atau letak tabel, Nomor baris)

Nilai kunci adalah field kunci yang ada di tabel yang akan kita isi, bisa sama dengan isinya dengan record yang lainnya atau tidak dan harus ada field tersebut di tabel yang akan kita baca. Contoh dari tabel di atas adalah Field Gol.

Nama atau letak tabel adalah tabel yang akan kita ambil nilainya dan harus berisi field kunci dari nilai yang akan kita ambil. Caranya blok tabel tersebut, lalu tekan F4, atau kita blok tabel tersebut lalu kita berinama pada nama tabel. 

Nomor baris/kolom adalah nilai yang akan kita ambil dari tabel, dimulai dari nilai 1.


LATIHAN VLOOKUP dan HLOOKUP

  • Buatlah lembar kerja baru, lalu buat isian data seperti terlihat pada gambar di bawah ini

  • Buatlah nama range dengan nama TbGaji, untuk tabel gaji, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
    • Blok/Sorot range dari B15 sampai E17 atau B15:E17
    • Klik Tab Formula, lalu klik ikon Define Name
    • Ketik nama range, contoh : TbGaji
    • Lalu klik tombol OK
  • Buatlah nama range dengan nama TbPajak, untuk tabel potongan pajak, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
    • Blok/Sorot range dari C20 sampai E21 atau C20:E21
    • Klik Tab Formula, lalu klik ikon Define Name
    • Ketik nama range, contoh : TbPajak
    • Lalu klik tombol OK
  • Letakan pointer di sel D6 untuk mengisi Gaji Pokok, perintah yang digunakan adalah

 =VLOOKUP(B6;TbGaji;2;FALSE)

  • Letakan pointer di sel E6 untuk mengisi Tunjangan, perintah yang digunakan adalah 

=VLOOKUP(B6;TbGaji;3;FALSE)

  • Letakan pointer di sel F6 untuk mengisi Transportasi, perintah yang digunakan adalah 

=VLOOKUP(B6;TbGaji;4;FALSE)

  • Letakan pointer di sel G6 untuk mengisi Total Gaji, perintah yang digunakan adalah 

=D6+E6+F6 atau bisa juga menggunakan perintah =SUM(D6:F6)

  • Letakan pointer di sel H6 untuk mengisi Pajak, perintah yang digunakan adalah 

=HLOOKUP(B6;TbPajak;2;FALSE)*D6

  • Letakan pointer di sel I6 untuk mengisi Gaji, perintah yang digunakan adalah 

=G6-H6 atau =(D6+E6+F6)-H6

Catatan :

Untuk pembacaan tabel bisa juga digunakan dengan cara melakukan blok range tabel dan menekan tombol F4 pada keyboard, untuk memberikan simbol $ (Absolute). Contoh, untuk mengisi Gaji Pokok, bisa kita gunakan perintah

=VLOOKUP(B6;$B$15:$E$17;2)*D6

 

Hasil yang diharapkan, seperti terlihat pada gambar di bawah ini. 




<<=BACK      NEXT =>>

                       
Tag : Office
0 Komentar untuk "FUNGSI VLOOKUP dan HLOOKUP "

Back To Top