Di dalam database yang datanya cukup besar, kadang-kadang kita sering menemukan data tersebut kita kelompokan dalam saru grup tersendiri berdasarkan data tertentu, untuk mengelompokan data tersebut, kita gunakan perintah Group
Langkah-langkah mengelompokan (Grouping) data :
Siapkan data yang akan dikelompokan, dan blok data tersebut. Contoh dari data dibawah ini Anda ingin mengelompokan bagian Administrasi, maka blok data Administrasi
Setelah data tersebut di blok, klik Tab DATA lalu klik icon Group
Setelah dipilih icon group, maka pilihlah group dan akan tampil kotak dialog seperti di bawah ini.
Dalam contoh ini pilihlah Row, maka akan menghasilkan data seperti di bawah ini
Untuk menampilkan dan menyembunyikan group tersebut cukup kita pilih symbol (“-”) atau (“+”) yang ada disebelah kanan baris, hasilnya data group tidak tampak pada saat kita menekan symbol - disebelah kanan data.
Untuk menghilangkan group tersebut kembali ke normal, caranya :
Lalu pilih berdasarkan Rows atau Column, lalu klik tombol OK
0 Komentar untuk "GROUP DAN UNGROUP DATA pada Microsoft Excel"