Berbagi Tutorial Jaman Now


GROUP DAN UNGROUP DATA pada Microsoft Excel

Di dalam database yang datanya cukup besar, kadang-kadang kita sering menemukan data tersebut kita kelompokan dalam saru grup tersendiri berdasarkan data tertentu, untuk mengelompokan data tersebut, kita gunakan perintah Group

Langkah-langkah mengelompokan (Grouping) data :

  1. Siapkan data yang akan dikelompokan, dan blok data tersebut. Contoh dari data dibawah ini Anda ingin mengelompokan bagian Administrasi, maka blok data Administrasi



  1. Setelah data tersebut di blok, klik Tab DATA lalu klik icon Group


  1. Setelah dipilih icon group, maka pilihlah group dan akan tampil kotak dialog seperti di bawah ini.




  1. Dalam contoh ini pilihlah Row, maka akan menghasilkan data seperti di bawah ini 


  1. Untuk menampilkan dan menyembunyikan group tersebut cukup kita pilih symbol (“-”) atau (“+”) yang ada disebelah kanan baris, hasilnya data group tidak tampak pada saat kita menekan symbol - disebelah kanan data.



  1. Untuk menghilangkan group tersebut kembali ke normal, caranya :

 
            
           Blok dari sel A3 sampai E9, atau blok sesuai baris data yang kita ungroup
    

    
           Klik icon ungroup, lalu pilih Ungroup atau Clear Outline, seperti gambar di bawah
 Lalu pilih berdasarkan Rows atau Column, lalu klik tombol OK

           



0 Komentar untuk "GROUP DAN UNGROUP DATA pada Microsoft Excel"

Back To Top